Skip to main content

PENGERTIAN APA ITU PENYAKIT DIABETES MELITUS SECARA DETAIL

pengertian penyakit diabetes melitus

Pengertian penyakit diabetes melitus –  Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia,

Bahkan anak-anak juga berpotensi  untuk  menderita penyakit gula darah / kencing manis.

pembunuh bayangan, sebutan bagi penyakit ini karena penderita penyakit ini pada awalnya tidak menyadari bahwa penyakit ini telah bersarang  di dalam tubuh si penderita.

Pada awal terjadinya peningkatan kadar hormone glukosa yang terdapat dalam darah, penderita awalnya tidak merasakan gejala atau tanda-tandanya  tidak terlihat.

Akan tetapi, di saat penderita mengalami sesuatu yang tidak nyaman dalam dirinya, seperti terjadinya penurunan berat badan secara drastis,

sering buang air kecil  pada waktu  tidur di malam hari, atau  keinginan untuk selalu mau minum di sebabkan karena  haus yang tidak tertahankan,

baru penderita penyakit ini akan berkonsultasi ke dokter. Bahkan, ada yang baru menyadari bahwa dia menderita penyakit diabetes melitus ketika telah terjadi luka yang tidak kunjung sembuh atau komplikasi lainnya.

Adapun komplikasi akibat dari penyakit ini, dapat di baca di artikel lainnya di blog ini- www.obatalami1001.com

Pengertian Penyakit Diabetes Melitus atau Penyakit Kencing Manis  

Berdasarkan dari ilmu kedokteran , pengertian penyakit diabetes melitus atau lebih di kenal dengan sebutan penyakit kencing manis merupakan golongan penyakit kronis

yang di tandai dengan terjadinya peningkatan kadar glukosa di dalam darah (hiperglikemia), sebagai akibat adanya ganguan metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak

yang di ikuti dengan komplikasi mikrovaskular atau pembuluh darah kecil  maupun  pembuluh darah besar  atau makrovaskular,

hal itu terjadi karena organ pankreas yang tidak mampu memproduksi hormone insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Dari penjelasan dan pengertian di atas penyakit ini terjadi di sebabkan karena salah satu organ di dalam tubuh yang tidak berfungsi baik

yaitu organ tubuh pankreas dimana organ ini berfungsi untuk menghasilkan Insulin, yang mana fungsi insulin ini adalah hormon tubuh yang mengubah glukosa menjadi energy.

Hormone yang di produksi oleh kelenjar pankreas ini mengandung kurang lebih 100.000 dimana tiap sel pulau Langerhans memiliki kurang lebih 100 sel β.

Insulin di produksi oleh sel β tersebut yang bila di ibaratkan ia sebagai katup masuknya glukosa kedalam sel darah.

Apabila hormone insulin tidak ada atau terganggu, glucose tidak dapat masuk ke sel darah dan akan tetap berada dalam pembuluh darah.

Akibat dari tergangunya proses tersebut  membuat kadar glukosa meningkat di dalam darah. Maka dari hal itu kenali Diagnosis dan cara mengetahui Penyakit diabetes mellitus.

Klasifikasi Penyakit Diabetes Melitus dan Hal yang perlu anda Ketahui

klasifikasi dari tentang penyakit gula darah ini. Menurut American Diabetes Association (ADA), diabetes mellitus di klasifikasikan berdasarkan pathogenesis dan ganguan toleransi glukosa yang di sahkan oleh World Health Organization (WHO), yaitu sebagai berikut :

 1.  Diabetes mellitus Tipe 1

  • Secara Etiologi. Destruksi sel beta pada pankreas umunnya menjurus pada terhentinya produksi hormon insulin (defisiensi insulin absolut) yang di sebabkan oleh autoimun dimana akibat reaksinya terserangnya sel beta oleh virus (coxsackie, CMV, rubella), toksin kimia, dan sitoksin selain itu idiopatik yaitu tidak ditemukannya antibodi sel beta atau aktivitas Human Leukocyte Antigen (HLA).
  • Dari segi umur penderita yaitu Mulai dan usia 4 tahun dan memuncak di usia 11-13 tahun
  • Kecepatan Perkembangan Manifestasi Klinis cepat
  • Mengalami Ketosis sering jika tidak diobati
  • Jenis terapi melalui penyuntikan insulin dan diet makanan

2. Diabetes mellitus Tipe 2

  • Menurut Etiologi. Bervariasi, mulai dari yang predominan resistensi insulin dan diserati juga dengan defisiensi insulin relatif, sampai yang predominan gangguan defek sekresi insulin disertai dengan resistensi insulin efek yang terjadi dapat disebabkan oleh gaya hidup yang diabetogenik (kelebihan asupan kalori, obesitas, aktivitas fisik yang rendah), serta adanya kecenderungan secara genetik atau keturunan dari penderita DM juga.
  • Dari segi usia penderita yaitu Dewasa
  • Proses Perkembangan dari Manifestasi Klinis Lambat
  • Ketosis jarang terjadi
  • di terapi dengan Obat hipoglikemik kontrol makanan dan penurunan berat badan

Awal Mula Penyakit Diabetes di kenal di dunia

pengertian penyakit gula

Berdasarkan data dari sebuah dokumen purbakala yang di perkirakan berusia sekitar ribuan tahun sebelum masehi

di sebutkan bahwa pengertian penyakit diabetes melitus ini ternyata telah di kenal sejak jaman dahulu

dimana  penyakit ini di jelaskan merupakan penyakit yang ganas dan dalam waktu  singkat dapat mengakibatkan  kematian bagi penderita penyakit ini.

Pada tahun 1552 SM, orang mesir sudah mengenal tanda penyakit gula darah ini dengan seringnya buang air kecil dalam jumlah yang banyak,

terjadinya berat badan yang turun secara drastic dan adanya rasa sakit.

Seorang penulis india yang bernama Shusharutha pada 400 SM menamai gejala penyakit diabetes dengan honey urine disease (kencing madu )

penyakit ini pertama kali di sebut diabetes mellitus ( Diabetes = mengalir terus, mellitus = manis ) pada tahun 2000 SM.

Demikianlah penjelasan mengenai penyakit diabetes mellitus, bagaimana proses terjadinya di dalam tubuh serta awal mula penyakit tersebut di kenal pertama kali.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *