Skip to main content

Faktor Penyebab Penyakit Diabetes atau Gula Darah di Derita Seseorang

penyebab penyakit gula darah
penyebab penyakit gula darah

penyebab penyakit gula darah -Sebelum membahas penyebab terjadinya penyakit diabetes mellitus, kita harus tahu terlebih dahulu lebih mengetahui lebih lanjut dari tentang penyakit gula darah ini. Selain menurut versi American Diabetes Association (ADA), yang di sahkan oleh World Health Organization (WHO),  baca di artikel obat alami

ada beberapa tipe lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Penyakit Kencing manis atau diabetes tipe spesifik lainnya

Tipe spesifik ini berupa fungsi sel beta dan kerja insulin merupakan Defek genetik, penyakit eksokrin pankreas , endokrinopati yang di  sebabkan karena zat kimia atau obat,  sebab imunologis yang jarang, infeksi, serta  sindrom genetik lainnya yang berhubungan dengan penyakit diabetes,  seperti syndrom down dan syndrome klinefelter termasuk ke dalam tipe ini.

  1. Penyakit Diabetes atau kencing manis gestasional/kehamilan

Penyakit gula darah / diabetes masa  kehamilan / gestasional adalah  istilah kedokteran yang digunakan pada wanita yang mengalami diabetes di masa kehamilannya dan akan kembali normal sesudah hamil. Akan tetapi, ada juga yang tidak kembali normal saat postpartum (setelah kelahiran). Penyakit gula darah ini terjadi pada wanita hamil karena proses perubahan dalam tubuh pada metabolisme hormon glukosa / karbohidrat dan metabolisme zat lain Saat hamil, wanita membutuhkan jumlah insulin yang banyak agar metabolisme karbohidratnya tetap stabil.

Apakah Faktor penyebab penyakit gula darah Terjadi

Apabila glukosa darah hasilnya 200 mg/dl atau glukosa Darah Puasa (GDP) hasilnya 126 mg/dl, berarti diagnosis DM telah ditetapkan. Terjadinya  kenaikan kadar glukosa dapat mempengaruhi janin yang di kandung karena glukosa melintasi plasenta, yaitu saluran yang mengalirkan zat-zat makanan bagi janin

melalui aliran darah. Penelitian pada King’s College hospital menunjukkan bahwa uteroplasental  atau di sebut aliran darah pada kehamilan yang menderita dan mengalami diabetes akan mengalami kecepatan aliran darah pada aorta janin terjadi peningkatan di mana  berhubungan dengan tingkat pertumbuhan janin menjadi janin berukuran besar atau perkembangan makrosomia. Selain itu, bisa mengakibatkan kelebihan cairan di dalam kantong bayi ( hidramnion), gangguan pernapasan pada bayi, kelainan bawaan, bahkan sampai mengakibatkan kematian pada janin. Dalam kondisi lebih parah (mengkwatirkan ),  penyakit diabetes pada ibu masa kehamilan bisa menyebabkan kematian pada janin di rahim, tetapi juga pada ibu yang mengandung.

Beberapa faktor penyebab penyakit gula darah gestasional/kehamilan

Berikut beberapa faktor penyebab DM pada ibu kondisi hamil/ gestasional:

a) Memiliki riwayat keluarga yang menderita DM.

b). Pernah melahirkan bayi dengan berat > 4 kg.

c). Usia wanita yang mengandung > 30 tahun.

d). Kelebihan berat badan/obesitas selama hamil > 20% dan BB sebelumnya.

e). Memiliki riwayat melahirkan bayi dengan cacat bawaan.

f). Terjadi keguguran yang berulang.

g). Memiliki riwayat preeklamsia (keracunan kehamilan).

h). Sering hamil dan bersalin (multiparitas).

j). Terdapat glukosa di dalam urin (glukosuria).

Setelah membahas mengenai klasifikasi penyakit ini, kita dapat mengetahui penyebab terjadinya penyakit gula . Penyakit gula darah atau kencing manis memiliki beberapa faktor penyebab atau multi-kompleks. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa secara medis terganggunya hormon insulin di sebabkan akibat kurang sensitif nya jaringan di dalam darah terhadap insulin sehingga mempengaruhi glukosa darah.

5 Faktor pemicu penyebab terjadinya penyakit gula

ada beberapa faktor lain yang menjadi pemicu penyakit diabetes mellitus atau kencing manis , adalah  sebagai berikut.

  1. Faktor pola hidup

Pola hidup yang tak sehat dapat memicu penyakit gula darah  yaitu pola makan yang salah dan kurangnya berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Mulut dan perut merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Akibat tidak terkendalinya konsumsi makanan yang tidak sehat maka sistem metabolisme

tubuh terganggu. Mengonsumsi setiap hari  yang tidak sehat yaitu junk food atau menu makanan harian yang tidak seimbang, terutama yang mengandung glukosa yang tinggi.

Makanan yang mengandung karbohidrat  serta juga mengandung  lemak  yang di komsumsi secara berlebihan-lebihan  dapat menjadi penyebab penyakit gula darah dengan cara memperberat kerja kelenjer pancreas utuk mengolah gula yang masuk menjadi energy dengan bantuan hormon insulin. Apabila pankreas tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan hormon insulin yang semakin bertambah, kelebihan kadar glukosa tidak dapat terolah lagi dan menumpuk di dalam darah serta air kencing (urine).

sayangnya, kebanyakan penderita penyakit gula pada awalnya kurang, bahkan tidak melakukan olahraga atau fisik lainnya. Padahal, dengan melakukan olahraga secara rutin, akan mampu membakar lemak yang ada di dalam tubuh sehingga terjadi keseimbangan antara makanan yang masuk dan energi yang keluar. Selain itu, tingginya tingkat stres juga dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh.

  1. Faktor keturunan atau genetis

manusia yang memiliki orangtua dengan riwayat diabetes meilitus, memiliki kemungkinan besar juga untuk terkena risiko penyakit ini. Dengan cara menurun melalui gen, dengan demikian pentingnya menjaga kesehatan sedari dini. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa penyebab penyakit gula darah ini merupakan penyakit yang berkaitan dengan unsur hormone  seks atau kelamin. Jadi, biasanya laki-laki menjadi penderita sesungguhnya, sedangkan wanita menjadi pihak yang membawa (mewariskan) gen tersebut kepada anak-anaknya.

  1. Virus dan bakteri

Penyakit diabetes melitus dapat disebabkan oleh virus dan bakteri. Virus yang menjadi penyebab terjadinya seseorang menderita penyakit ini, seperti rubela, mumps, dan humancox sack ievirus B4. Lewat jalur proses  infeksi sitolitik di dalam jaringan sel beta, virus ini menyebabkan kerusakan sel. Selain itu, virus ini juga dapat masuk dan menyerang melalui reaksi otoimunitas sehingga menyebabkan hilangnya otoimun di dalam sel beta.

Sebaliknya, penyebab penyakit gula darah  yang telah di akibatkan oleh bakteri masih belum dapat terdeteksi. Akan tetapi, para ahli kesehatan menduga bahwa bakteri juga berperan menyebabkan penyakit yang di istilahkan darah manis.

  1. Obesitas

Akibat pola makan yang salah dan kurangnnya berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, dapat memicu

terjadinya obesitas pada tubuh. Obesitas dapat menyebabkan tidak tercukupinya kebutuhan insulin karena pembentukan insulin terhalang oleh komplikasi-komplikasi. Komplikasi yang terjadi dapat diakibatkan oleh tingginya kadar lemak di dalam darah, baik berupa kadar kolesterol maupun trigliserida Kondisi tersebut biasa disebut dengan resistensi insulin.

  1. Bahan-bahan kimia dan obat-obatan

Bahan-bahan kimia dan obat-obatan apa pun jenis residu obat yang terakumulasi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada pankreas. Apabila terjadi iritasi pada pankreas, dapat menyebabkan terjadinya radang pankreas sehingga terjadi penurunan fungsi pankreas. Hal ini menyebabkan tidak adanya sekresi hormon-hormon yang berguna dalam mëtabolisme tubuh, termasuk hormon insulin. Selain itu, terdapat beberapa bahan toksin yang merusak sel beta sehinga mampu menjadi penyebab penyakit gula darah yaitu alloxan, pyrinuron (rodentisida), produk dari jenis jamur atau streptozotocin, dan ubi kayu yang mengandung glikosida sianogenik

Dari pembahasan kelima  penyebab penyakit ini akan menimbulkan beberapa gejala yang dapat anda baca di artikel apa itu penyakit diabetes melitus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *