Skip to main content

Teknik pada Terapi Akurpresus Diabetes dan Pijat Refleksi

Terapi  Akurpresus  Diabetes adalah salah satu  pengembangan dari ilmu akupunktur dimana Akupresur merupakan salah satu teknik pengobatan tradisional Cina dengan cara memijat atau menekan titik-titik akupuntur di bagian saraf bagian tertentu pada tubuh yang di mana berkhasiat  menghilangkan berbagai  keluhan atau berbagai penyakit yang diderita.

Terapi akupuntur sudah dikenal lebih dari 5000 tahun lalu, yaitu pada zaman pemerintahan kaisar Huang Ti (tahun 475-221 SM) yang dihimpun dalam sebuah kitab bernama Huang Ti Nei Ching (penyakit dalam kaisar Huang ti) Terapi akupuntur yang menggunakan jarum dan panas akhirnya berkembang menjadi pengobatan dengan cara atau tanpa jarumyaitu terapi akurpresur, tetapi tetap berdasarkan ilmu akunpuntur

Berdasarkan konsep kedokteran oriental atau Tradisional Chinese Medicine (TCM) tentang mengenai penyakit kencing manis. dinyatakan bahwa penyakit tersebut terjadi karena adanya gangguan energi pada organ speleen (limpa) dan pancreas yang termasuk ke dalam bagian elemen tanah. Elemen tanah merupakan elemen basis atau sentral dan lima elemen, yaitu tanah-limpa, logam-paru-paru, kayu-hati, dan api-jantung. Menurut teori ini, semua energi dan masing-masing elemen tersebut akan melewati elemen tanah. Oleh sebab itu, limpa dan pankreas merupakan organ yang sangat rentan sehingga kebanyakan pasien yang melakukan akupresur mengalami defisiensi chi pada organ limpa dan pankreasnya. Konsep TCM mengaitkan fungsi limpa dengan fungsi hati, di mana energi limpa merupakan regulasi fungsi hormon dan pankreas dan termasuk juga insulin serta mendorong produksi enzim yang berguna bagi lambung dalam proses pencernaan. Dengan demikian, gangguan energi dan fungsi limpa dapat memberatkan kerja hati karena pada dasarnya limpa sangat sensitif dengan manis  hal inilah penyebab penyakit gula.

Untuk terapi lain baca di artikel terapi  obatalami1001.com anda akan mendapatkan tips-tips yang berguna

Cara Diagnose  untuk penanganan penyakit diabetes melitus oleh TCM

Ada beberapa cara teknik  yang digunakan oleh TCM, yaitu sebagai berikut.

  • Mendeteksi perubahan pada lidah

Apabila cairan tubuh tidak mengalir dengan baik, lidah akan terlihat menebal dan adanya batas gigi yang terlihat bergaris di pinggir lidah.  Terjadinya hambatan pada mikro sirkulasi (stagnasi darah) sehingga lidah terlihat biru (cyznotic).

Adanya situasi energi yang sangat menurun, ditandai dengan lidah yang terlihat pucat.

Apabila selaput lidah (coating) tebal, hal itu merupakan manisfestasi terjadinya kekentalan pada cairan tubuh (phlegm).

  • Melakukan pemeriksaan nadi

Nadi yang terasa denyutannya lemah dimana hal tersebut merupakan manisfestasi dari lemahnya chi limpa.

 Terjadinya stagnasi cairan tubuh yang ditunjukkan oleh rolling pulse.

  • Hara diagnosis (abdominal diagnosis) dan menemukan zona refleks.

.Terjadinya defisiensi energi limpa ditunjukkan oleh pressure pain di atas dan di sekeliling pusar.

Pressure pain di daerah kanan atas perut.

Reflek dan stagnasi daerah perut, ditunjukkan oleh pressure pain di kiri bawah pusar.

Terapi Akurpresus Diabetes dengan  Pemijatan 

Terapi Akurpresus diabetes

Pemijatan dalam akupresur dilakukan pada beberapa titik pijat di bagian tubuh, yaitu sebagai berikut.

  • Titik utama
  1. Sanjiaosu :  terletak di bagian belakang tubuh, yaitu dua jari kiri kanan di antara tulang pinggang.
  2. Yangchi : terletak pada pergelangan tangan bagian atas dan segaris dengan jari tengah.
  • Siao atas
  1. Feishu: terletak pada bagian belakang tubuh, yaitu dua jari kiri kanan dan sebuah lekukan antara tulang punggung ketiga dan keempat.
  2. Shaoshang: terletak pada ibu jari tangan bagian ujung kuku.
  3. Chize: terletak di bagian siku tangan bagian luar.
  • Siao tengah
  1. Pishu: terletak di bagian belakang tubuh, yaitu dua jari kiri kanan pada lekukan antara tulang punggung kesebelas dan duabelas.
  2. ZhongWan :  terletak pada lima jari di atas pusar.
  3. Xiangu: terletak di bagian punggung pada telapak kaki bagian atas.
  4. Shuidao terletak di bagian bawah perut.
  • Siao bawah
  1. Shenshu :  terletak di bagian belakang tubuh, yaitu dua jari kiri kanan antara tulang pinggang kedua dan ketiga.
  2. Guan yuan : terletak pada empat jari di bawah pusar.
  3. YongqUan  :  terletak di bagian tengah antara jari tengah dan jari telunjuk kaki.
  4. Rangu : terletak di bagian samping bawah telapak kaki bagian dalam.
  5. Fuliu : terletak pada empat jari di atas mata kaki bagian dalam.
  6. Xingjian : terletak di bagian tengah antara telunjuk dan ibu jari kaki.

Terapi akunpresur  merupakan sesuatu yang dilakukan dengan pijatan pada bagian titik-titik saraf  akunpunktur  yang akan dapat membantu dalam pengobatan penyakit diabetes melitus , mengatasi bermacam-macam  gejala  penyakit dan gangguan  komplikasi yang terjadi akibat dari penyakit diabetes melitus, seperti mengatasi gangguan  penglihatan, mulut yang terasa kering dan cepat haus, terjadinya penumpukan  cairan, serta nyeri yang sering terasa saat buang air keciL

Terapi Akurpresus Diabetes Dengan Pijat  Refleksi

pengobatan penyakit diabetes melitus

Memijat daerah refleksi berarti memberikan rangsangan yang akan diterima oleh urat saraf sensorik dan langsung di respon  oleh urat saraf motorik menuju  titiik organ sasaran yang dikehendaki. Tujuannya, yaitu agar sirkulasi darah pada organ tersebut menjadi lancar maka proses metabolisme atau pembuangan racun juga menjadi lancar . Diagnosis adanya ketidak normalan dalam sistem tubuh pada pijat refleksi ditunjukkan dengan terabanya pasir halus saat memijat, atau jika pasien merasakan sakit dan nyeri yang luar biasa, berarti kondisi sudah parah. Pemijatan refleksi bisa  dilakukan dengan menggunakan jari saja atau menggunakan alat berupa tongkat kecil berkepala bulat/tumpul. Apabila menggunakan jari, caranya ialah menggunakan ujung ibu jari atau telunjuk dengan punggung jari tangan yang ditekuk.

Untuk mengatasi penyakit gula darah, pijat refleksi salah satu alternatif pengobatan penyakit gula. Terapi pijat refleksi mampu mempercepat proses perbaikan. Biasanya, para terapis melakukan pemijatan pada kaki sebelah kanan dengan melakukan penekanan (pijat) pada saraf yang berhubungan dengan kelenjer paratiroid , kepala (otak kiri), saraf trigeminus, mata (kiri),  dan lambung. Pada kaki sebelah kiri, yaitu saraf trigimenus, mata (kanan), kelenjer paratiroid, duodenum (usus duabelas jan), pankreas, kepala (otak kanan), lambung, dan jantung. Bagian kaki samping dalam, yaitu rahim dan kelenjer prostat serta penis, vagina, juga saluran urine.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *